Selasa, 21 Agustus 2007

Pencegahan Narkoba

PENCEGAHAN

Tidak pernah ada kata terlalu awal atau terlambat untuk mencegah anak anda dari tindakan mencoba-coba narkoba. Membuat beragam bentuk perlindungan, seperti membiarkan anak anda tahu bahwa anda peduli, memiliki peranan yang penting untuk melindungi dirinya terhadap narkoba.
Tips-tips berikut ini kami ketengahkan untuk membantu anda berkomunikasi tentang narkoba dengan anak.

Waktu-waktu kebersamaan
Gunakan setiap kesempatan untuk membangun jalinan komunikasi dengan anak anda. Usahakan untuk melakukan beberapa kegiatan secara bersama-masa, misalnya: makan malam keluarga, membaca, bermain, berolahraga, atau menghadiri berbagai acara kerohanian. Perlihatkan kepada mereka bahwa untuk memperoleh kesenangan, mereka tidak perlu menggunakan/melibatkan narkoba.

Siap mendengarkan
Perhatikan apa yang sedang terjadi dalam kehidupan anak anda. Dengarkan keluhan dan kekhawatiran dirinya. Ketahui pesta apa yang ia tuju, dengan siapa ia pergi, dan apa saja yang akan disajikan di sana.

Belajar terlebih dahulu
Anak-anak sekarang ini sudah lebih canggih dari pada anak-anak tempo dulu. Karena itu, anda perlu belajar terlebih dahulu sebelum memberikan pelajaran tentang bahaya penggunaan narkoba kepada anak anda. Dalam banyak kasus, anda dan anak anda dapat duduk bersama dan belajar mengenai risiko-risiko penggunaan narkoba.

Pendidikan setiap bulan
Luangkan waktu dengan anak anda minimal 30 menit setiap bulan untuk menjelaskan tentang beberapa fakta sederhana bagaimana narkoba dan alkohol dapat merusak dan menghancurkan impian-impiannya.

Peduli kepadanya
Luangkan waktu sedikitnya beberapa menit sehari untuk mengatakan dan menunjukkan kepedulian anda kepadanya. Pastikan dirinya tahu bahwa anda ingin agar ia bebas dari narkoba. Jelaskan bahwa anda akan selalu berada di sisinya walau apapun yang terjadi. Pastikan ia langsung menemui anda jika sedang membutuhkan informasi ataupun bantuan. Jangan lupa, keluarga memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan seorang anak.

Awasi anak anda
Waspadai tanda dan gejala bila anak anda mungkin terlibat dalam penggunaan narkoba. Pastikan dirinya mendapat pertolongan sebelum terlibat semakin jauh. Bila perlu, anda dapat meminta bantuan kepada seorang dokter anak ataupun psikiater.

Tentukan batasan dalam keluarga
Dengan menentukan beberapa batasan mengenai sikap dan perilaku yang dapat ditolerir, anda telah memperlihatkan kepedulian anda kepadanya dan ingin membantu mengarahkan dirinya agar memiliki masa depan yang aman dan bebas dari narkoba. Buatlah aturan seperti: "keluarga ini tidak menggunakan narkoba" atau "keluarga ini tidak bergaul dengan orang-orang yang terlibat narkoba". Tekankan batasan-batasan tersebut kepadanya. Jika anda mengatakan TIDAK pada narkoba ataupun minuman keras, maka aturan tersebut juga berlaku untuk anda sebagai orang tua. Cobalah untuk bersikap konsisten.

Terlibat dalam lingkungan
Pencegahan yang efektif meluas dari rumah ke lingkungan di sekitarnya. Buat diri anda terlibat dalam lingkungan tempat tinggal anda. Pastikan jalan-jalan, taman bermain, serta sekolah-sekolah di lingkungan tempat tinggal anda bebas dari narkoba. Mulailah membentuk atau bergabung dengan kelompok pemantau lingkungan atau koalisi lingkungan anti-narkoba. Berperan aktiflah dalam POMG (Persatuan Orang Tua Murid dan Guru), dan berbagai kegiatan kerohanian.

Memimpin dan menjadi teladan
Para remaja menyadari apa yang anda katakan dan lakukan. Jangan hanya mengucapkan hal-hal yang bagus, namun tidak melakukannya. Berikanlah contoh-contoh yang baik kepada anak anda. Jika anda sendiri memiliki masalah dengan narkoba, carilah pertolongan dengan segera.