Selasa, 21 Agustus 2007

Apa itu Ganja


Apa itu ganja?

Ganja dapat dikategorikan sebagai *depresan (obat yang mengurangi kegiatan sistem saraf) dan "halusinogen" (menimbulkan halusinasi). Ganja terbuat dari daun tanaman kanabis. THC (Delta 9 tetrahydrocannibinol) adalah salah satu dari 400 bahan kimia yang ditemukan di dalam ganja. THC-lah yang menyebabkan pengaruh yang mengubah suasana hati.? Kadar THC? yang terdapat pada ganja yang beredar, semakin hari semakin meningkat.

*Depresan mempengaruhi sistem saraf dengan memperlambat kegiatan di dalam otak.

Ganja (kanabis) mempunyai beberapa bentuk. Ganja biasanya berbentuk dedaunan seperti tembakau berwarna hijau. Hashish atau minyak hashish merupakan bentuk ganja yang lebih kuat. Hashish adalah getah pohon ganja dan dijual dalam bentuk? minyak atau kubus padat kecil.

Nama-nama lain: gele, daun, cimeng, dll.

Apa saja pengaruh langsung pemakaian ganja?

Ganja dapat menimbulkan efek yang berbeda-beda. Beberapa orang mengalami reaksi yang lebih kuat dari yang lain. Reaksi yang paling umum adalah perasaan "teler" atau "melayang". Pengaruh-pengaruh lain termasuk:

*

Paranoia (ketakutan yang berlebihan dan tidak rasional)
*

Muntah-muntah
*

Kehilangan koordinasi
*

Kebingungan
*

Nafsu makan meningkat
*

Mata merah
*

Halusinasi

Pengaruh jangka panjang pemakaian ganja

Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang lebih berat apabila ganja digunakan secara teratur. Beberapa diantaranya:

*

Resiko tinggi bronkhitis, kanker paru-paru dan penyakit-penyakit pernafasan (ganja mengandung tar dua kali lebih banyak dari rokok).
*

Kehilangan minat dan semangat untuk melakukan kegiatan, kehilangan tenaga dan kebosanan.
*

Kerusakan memori jangka pendek, daya pikir logikal dan koordinasi gerakan badan.
*

Dorongan seks menurun.
*

Jumlah sperma berkurang (pada pria), siklus menstruasi tidak teratur (pada wanita).
*

Gejala gangguan kejiwaan yang berat.
*

Kerusakan sistem kekebalan tubuh.

Addiction
Ganja menimbulkan ketergantungan mental dan mengakibatkan kecanduan secara mental.

Mengendarai kendaraan bermotor
Ganja mempengaruhi keterampilan motorik dan koordinasi, penglihatan dan kemampuan untuk mengukur jarak dan kecepatan. Mengendarai mobil atau motor dengan orang yang sedang "teler" karena ganja adalah sangat berbahaya.

Daya ingat dan belajar
Ganja mempengaruhi kemampuan? mengingat. THC akan mengganggu proses berpikir terutama yang membutuhkan logika. Ganja juga dapat mengakibatkan kesulitan belajar, walaupun pelajaran/tugas yang sederhana, sehingga seseorang dapat berprestasi buruk dalam pekerjaan atau belajar.

Obat-obat lain
Ganja dianggap sebagai 'gerbang narkoba' karena seseorang yang memakai ganja memiliki resiko yang lebih besar untuk memakai zat-zat adiktif yang lebih keras. Berdasarkan hasil survey, sekitar 98% pemakai heroin bermula dari memakai ganja.
?
Hukum dan narkoba
Memiliki, memakai, menyimpan atau menjual ganja di Indonesia merupakan pelanggaran hukum dan dapat dikenakan hukuman penjara dan/atau denda yang berat. Barangsiapa dihukum atas tuduhan yang berkenaan dengan obat-obatan akan mempunyai catatan kriminal. Hal ini dapat menimbulkan masalah-masalah lain dalam hidup; dari kesulitan mendapatkan pekerjaan atau visa perjalanan sampai dengan kesulitan mendapat kesempatan pendidikan di dalam dan di luar negeri.

Kiat-kiat untuk tetap bebas dari narkoba:

*

Bertekad bebas dari narkoba.
*

Sering mengingatkan diri sendiri mengenai tekad pribadi untuk bebas dari narkoba.
*

Pilih teman.
*

Menyadari bahaya-bahayanya.

Bagaimana mengatakan TIDAK pada tawaran ganja

*

"Saya tidak membutuhkannya"
*

"Tidak, terima kasih"
*

"Orangtua saya pasti tidak akan setuju"
*

"Saya tidak ada waktu untuk itu"